07 Mei 2018
Kasi PAI Kemenag Parepare Hadiri Peringatan Isra' Mi'raj di SMPN 3

Kasi PAI Kemenag Parepare Hadiri Peringatan Isra' Mi'raj di SMPN 3

Parepare, (Inmas Parepare) -- Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 kota Parepare menggelar Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW yang dirangkaikan dengan silaturrahim orang tua/wali siswa kelas IX SMP Negeri 3 Kota Parepare. Kamis (03/05/18) lalu.

Nampak hadir Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam (PAI) Kantor Kementerian Agama Kota Parepare, Dr. Muhammad Idris Usman sekaligus membawakan Hikmah Isra’ Mi/raj, Kepala Bidang Peningkatan Mutu Dinas Pendidikan dan Kebudayan Kota Parepare, H. Syahrir Magga, S.Pd., M.Pd yang mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare

Kepala SMP Negeri 3 Kota Parepare, Drs. Sudalto, M.Pd dalam laporannya menyampaikan bahwa sebanyak 262 peserta didik kelas IX telah mengikuti rangkaian ujian dan akan menyelesaikan studinya di SMP Negeri 3 Kota Parepare. Beliau juga menyampaikan penghargaan kepada pihak yang telah berpartisipasi dalam menghadiri kegiatan ini khususnya orang tua/wali dan tamu undangan.

Lebih lanjut dia menjelaskan tentang peran penting Tri Pusat Pendidikan dalam membentuk perilaku peserta didik. “Kita ketahui bersama bahwa salah satu faktor penting dalam kesuksesan pelaksanaan pendidikan di sekolah ialah adanya kerjasama dan sinergitas antara guru, orang tua, dan masyarakat atau yang lebih dikenal dengan tri pusat pendidikan”, katanya.

Dia menambahkan bahwa istilah Tri Pusat Pendidian adalah  istilah  yang  digunakan oleh tokoh pendidikan Indonesia, yaitu  Ki Hajar Dewantara yang menggambarkan  lembaga lingkungan pendidikan yang ada di sekitar manusia yang mempengaruhi perilaku peserta didik, yaitu pendidikan keluarga, pendidikan dalam sekolah, dan pendidikan di dalam masyarakat. Sedangkan  dilihat  dari  cara  berlangsungnya  pendidikan  dibedakan menjadi pendidikan fungsional dan pendidikan intensional. Pendidikan fungsional adalah pendidikan yang berlangsung secara naluriah, tanpa rencana  dan  tujuan  tetapi  berlangsung  begitu  saja.  Sedangkan pendidikan intensional adalah lawan dari pendidikan fungsional.

Ada hal menarik dalam acara ini, di mana peserta didik SMP Negeri 3 Kota Parepare sebanyak sepuluh orang menghapal Surat Ar-Rahman secara bersamaan dengan kompak dengan bacaan yang sangat bagus, baik tilawah maupun tajwid-nya(miu/nb/MF)

Dibaca : 1714 kali

0 Komentar