Watampone, (Humas Bone) - Ramadhan 1442 Hijriah / 2021 Masehi akan berlalu dan beberapa hari lagi umat muslim merayakan hari kemenangan di Idul Fitri. Berbagai amalan telah dilakukan selama ramadhan termasuk Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama Kabupaten Bone telah melaksanakan program amaliah ramadhan.

Program amaliah ramadhan yang dilaksanakan antaranya pelaksanaan tarawih di Kantor Kemenag Bone dari KUA Kecamatan dan Madrasah yang terjadwal, Tadarrus, Kultum, pembagian Paket Sembako kepada warga yang kurang mampu, program Wakaf Al-Qur’an dan lain-lainnya.


Hingga 27 Ramadhan, program tersebut telah terlaksana dengan baik. Pada malam ke 28 Ramadhan, Kepala Kantor Kemenag Bone Dr. H. Wahyuddin Hakim, M.Hum menutup program kegiatan amaliah ramadhan Kemenag Bone.

“Malam ini, sengaja kami undang semua Kepala KUA Kecamatan, Kepala Madrasah Negeri dan PTT Kantor Kemenag Bone untuk hadir bersama melaksanakan salat tarawih terkhir untuk di Musholla Kemenag, dan selanjutnya kita tutup,” ungkap H. Wahyuddin.


Pada kesempatan itu, ia sampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh KUA Kecamatan dan madrasah telah berpartisipasi dalam pelaksanaan tarawih di Kantor Kemenag Bone. Tidak lupa juga ia haturkan permohonan maaf bila ada kekurangan dan kesalahan teknis yang dilakukan oleh rekan panitia.

Tak kalah pentingnya, Kakan Kemenag Bone ingatkan kembali ASN dijajarannya Surat Edaran Menteri Agama RI Nomor 6 Tahun 2021  tentang Penegakkan Disiplin ASN pada Kementerian Agama.


Bahkan Kakan Kemenag Bone menjelaskan Edaran Menag tersebut kaitannya prioritas kesehatan dan keselamatan di masa pandemi covid-19. “Menteri Agama meminta ada laporan terkait jumlah keseluruhan pegawai, ASN yang cuti, melaksanakan perjalanan dinas, yang berpergian atau mudik, pegawai keluar daerah atau mudik dengan izin dari pejabat yang berwenang dan yang tampa izin dari pejabat yang berwenag,” jelas H. Wahyuddin.

Ia mengakhiri sambutannya dengan berbepesan bahwa agar ASN yang ada dijajarannya senantiasa menjaga kebersamaan. “Kita bisa melaksanakan program amaliah ramadhan ini karena adanya kebersamaan, kita hadir disini untuk tarawih terakhir diprogram kita karena kebersamaan dari Bapak dan Ibu-ibu untuk itu jaga kebersamaan,” harapnya. (ahdi)

Penulis Ahdi Hidayat
Editor Andi Baly.