Kunjungi Selayar, Ini Kegiatan Kabid PD Pontren

Illustrasi Foto (Kemenag RI Provinsi Sulawesi Selatan)

Selayar, HUMAS SULSEL - Kunjungan kerja sejumlah pejabat Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Sulsel di Kabupaten Selayar dimanfaatkan oleh Seksi PD. Pontren Kemenag Kab. Selayar dengan menghadirkan puluhan pembina lembaga pendidikan keagamaan islam, yang terdiri dari pimpinan pondok pesantren dan Taman Pendidikan Alquran (TPA-TPQ), guna melaksanakan sosialisasi izin operasional bagi lembaga pendidikan keagamaan Islam. Sabtu, 28 Nopember 2020.

Kepala Bidang PD Pontren Kemenag Sulsel, H. Mulyadi, SE.,MM ketika memberikan bimbingan, menyampaikan pentingnya izin operasional bagi setiap lembaga pendidikan keagamaan.


Pada kegiatan yang dihelat di KUA Kec. Benteng ini, H. Mulyadi mengungkapkan bahwa saat ini pengajuan izin operasional pesantren dilakukan melalui sistem informasi perizinan dalam beberapa langkah, yakni proses registrasi, verifikasi dokumen, visitasi, terbitnya rekomendasi kemenag kab/kota, terbitnya rekomendasi kanwil kemenag, penerbitan NSPP dan SK hingga penerbitan piagam izin operasional.

Lebih lanjut Mulyadi menjelaskan betapa pentingnya izin operasional ini dengan hadirnya berkah bagi lembaga pendidikan keagamaan dimasa pandemi Covid 19 tahun ini.

"Kita mendapatkan perhatian besar dari pemerintah dimasa covid dengan adanya Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) sebesar 2,6 trilyun rupiah, sementara untuk Kab. Selayar sendiri mengalir dana bantuan sebesar 160 juta terdiri dari 50 juta rupiah bantuan untuk satu pondok pesantren dan 110 juta rupiah untuk 11 Taman Pendidikan Alquran (TPA-TPQ)", tuturnya.



"Secara garis besar bantuan operasional ini diberikan kepada lembaga pendidikan yang secara administratif terdaftar pada sistem informasi EMIS (Education Management Information System) yang merupakan basis pangkalan data pendidikan Islam", ujarnya menambahkan.

Olehnya itu, kata H.Mulyadi, Ini yang menajadi alasan mengapa BOP bagi Kab. Selayar mendapat sedikit bantuan. "Mungkin dikarenakan belum adanya izin operasional bagi sebagian besar lembaga pendidikan Islam di Kab. Selayar", pungkasnya.

Sebelumnya, bertempat di Kantor Kementerian Agama Kab. Selayar, Kakanwil Kemenag Sulsel, KH. Khaeroni didampingi Kabid PD. Pontren bersama sejumlah pejabat eselon III menyerahkan secara langsung Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) ke sejumlah Lembaga Pendidikan keagamaan Islam di Kab. Selayar. (FADLY)


Wilayah LAINNYA