Makassar (Humas Sulsel) Empat siswa Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Gowa kembali berhasil meraih juara dalam Kompetisi Sains Madrasah Online (KSMO) yang diselenggarakan pada tanggal 9-11 November 2020. KSM tingkat MA mencakup 6 bidang meliputi matematika, fisika, biologi, kimia, ekonomi, dan geografi yang terintegrasi dengan soal-soal agama. Hal ini tentu sj dimaksudkan agar generasi milenial tidak hanya cerdas dari IQ (Intelligence Quotient), tetapi juga cerdas dari EQ (Emotional Quotient) dan SQ (Spritual  Quotient). 

MAN IC Gowa merupakan Madrasah Aliyah Negeri yang berada di bawah bendera Kementerian Agama RI dan baru beroperasi selama kurang lebih dua tahun di Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa, Sulsel. Meskipun masih tergolong baru, namun di bawah kepemimpinan Dra. Hj. Supiana, M.Psi, Phd. terbukti MAN IC Gowa sudah bisa berprestasi bahkan dalam kancah Nasional. Untuk KSMO Tahun ini, 6 delegasi dr MAN IC Gowa yang ikut bertanding 4 diantaranya mampu mengukir prestasi.  

Juara 1 Tk. Nasional diraih oleh A. Esse Lamming Pulaweng pada bidang studi Geografi. Tingkat Provinsi di raih pada bidang Biologi, Kimia, dan Ekonomi. Masing-masing juara 1 Biologi oleh Khalidatul Khair Thamrin, Juara 2 Kimia oleh Nur Zakiyyah Aminah, dan juara 3 Ekonomi oleh Ardam Al Musawwa.

Menurut Kepala Madrasah Hj. Supiana, bahwa Capaian MAN IC hari ini tidak lepas dari usaha dan pembimbingan dari guru hebat yg tak kenal lelah demi meraih prestasi dan tentunya doa dari semua pihak. Semoga ini menjadi awal yang baik dan tidak lantas menjadikan kita berpuas hati. Besar harapan kami tahun depan MAN IC Gowa dapat mencacat prestasi nasional lebih banyak lagi dan terus menjadi pengupayaan kami untuk go internasional.

Penulis Mawardi, S.Ag
Editor Mawardi, S.Ag.