Disiplin Guru Dan Pengaruhnya Pada Motivasi Belajar Siswa

Kontributor

Oleh : Hasfiah, S. Pd
Penulis adalah Pengawas Madrasah pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gowa
Guru memiliki pengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Ketika guru menunjukkan disiplin dalam mengajar, siswa cenderung lebih termotivasi untuk belajar dan mencapai hasil yang lebih baik.
Beberapa cara disiplin guru dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa diantaranya :
- Meningkatnya kesadaran siswa : Disiplin guru membantu siswa memahami pentingnya waktu dan tanggung jawab dalam belajar.
- Membangun Kepercayaan : Siswa lebih percaya pada guru yang disiplin, sehingga mereka lebih termotivasi untuk mengikuti pelajaran.
- Mengatur Proses Belajar : Disiplin guru membantu menciptakan lingkungan belajar yang teratur dan efektif.
Adapun faktor yang mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa diantaranya :
- Kedisiplinan Guru : Kemampuan guru dalam mengatur kelas dan mengelola waktu pelajaran.
- Metode Pengajaran : Guru yang menggunakan metode pengajaran yang menarik dan interaktif dapat meningkatkan motivasi siswa.
- Dukungan Orang Tua : Dukungan dan harapan orang tua juga berperan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.
Berapa Tips untuk Meningkatkan Disiplin Guru :
- Menggunakan Metode Pengajaran yang Variatif : Guru dapat menggunakan metode pengajaran yang berbeda-beda untuk meningkatkan minat siswa.
- Mengatur Waktu Pelajaran dengan Baik : Guru harus dapat mengatur waktu pelajaran dengan efektif untuk meningkatkan produktivitas belajar.
- Memberikan Umpan Balik yang Konstruktif : Guru harus dapat memberikan umpan balik yang konstruktif untuk membantu siswa meningkatkan kemampuan belajarnya.
Meningkatnya disiplin waktu guru dapat memotivasi belajar siswa kemudian meningkatkan kemudian kemampuan guru dalam mengatur dan mengelola waktu, meningkatkan produktivitas belajar dan mencapai tujuan pembelajaran.
Dengan disiplin waktu yang baik, guru dapat memberikan teladan motivasi belajar disiplin siswa, meningkatkan kualitas pembelajaran dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan efektif.