MTsS Ma’arif Pinrang Gelar Evaluasi Pembelajaran P52RA Kelas VIII, Angkat Tema Gaya Hidup Berkelanjutan

Kontributor

Penrang, (Kemenag Pinrang) – MTsS Ma’arif Pinrang kembali menunjukkan komitmennya dalam mencetak generasi sadar lingkungan melalui kegiatan Evaluasi Pembelajaran P52RA khusus bagi siswa kelas VIII dengan mengangkat tema Gaya Hidup Berkelanjutan. Kegiatan ini digelar pada Sabtu, (10/05/2025) dan menghadirkan beragam kreativitas siswa yang patut diapresiasi.
Kegiatan
ini merupakan bagian dari program Proyek
Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil ‘Alamin (P52RA) yang telah berlangsung selama kurang lebih lima bulan.
Koordinator P52RA kelas VIII, Kasmawati, bersama dua rekannya Nurhayati dan
Fitriani, menjelaskan bahwa evaluasi ini memiliki tiga tujuan utama:
menampilkan produk berupa Baju Bodo
dari bahan daur ulang (kresek), mengasah penguasaan materi siswa sejak awal
hingga akhir pembelajaran, serta menguji kepercayaan diri siswa untuk tampil di
depan umum.
“Kegiatan
ini bukan hanya tentang hasil karya, tetapi juga bagaimana siswa mampu memahami
dan menjelaskan kembali materi yang mereka pelajari, seperti membedakan sampah
organik dan anorganik hingga praktik daur ulang,” ujar Kasmawati.
Dalam
kegiatan ini, setiap tim siswa diminta menghadirkan satu orang sebagai model
yang mengenakan Baju Bodo hasil
daur ulang, sementara anggota lainnya bersiap menjawab pertanyaan dari tim guru
terkait materi yang telah diajarkan. Proses ini terbukti menjadi ajang
penguatan mental, keberanian, dan kerja sama tim antar siswa.
Kepala
MTsS Ma’arif Pinrang, Hasniah, turut hadir dan memberikan penilaian langsung
terhadap karya dan pemaparan para siswa. Ia menyampaikan rasa bangganya
terhadap pelaksanaan kegiatan ini.
“Meski
produk yang ditampilkan masih belum sempurna, saya sangat mengapresiasi
antusiasme para siswa. Mereka bukan hanya kreatif, tetapi juga berani tampil
dan memahami materi yang diberikan. Ini adalah capaian luar biasa,” ujar
Hasniah.
Kegiatan ini sekaligus menjadi bukti nyata bahwa pendidikan yang terintegrasi dengan nilai-nilai keberlanjutan dapat membentuk siswa yang peduli lingkungan, kreatif, dan percaya diri