Pengembangan Karakter Siswa Madrasah Melalui Pengawasan Efektif

Kontributor

Oleh : Hasfiah
Penulis adalah Pengawas Madrasah pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gowa
Pengembangan karakter siswa madrasah merupakan salah satu tujuan penting dalam pendidikan karakter yang baik dan dapat membantu siswa menjadi individu yang berintegritas, memiliki empati serta mampu berkonstribusi positif dalam kehidupan bermasyarakat.
Pengawasan yang efektif oleh pengawas madrasah sangat penting dalam pengembangan karakter siswa. Seorang pengawas dapat mendampingi madrasah untuk membantu siswa mengembangkan karakter yang baik, seperti kejujuran, kerja sama dan memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi.
Pengembangan karakter siswa madrasah melalui pengawasan efektif yaitu :
1. Peningkatan prestasi akademik siswa.
Seorang siswa yang memiliki karakter yang baik maka cenderung prestasi aakademinya lebih baik. Karakter baik siswa menjadi penunjang prestasi baik akademik maupun non akademik.
2. Meningkatkan kemampuan sosial.
Siswa yang berkarakter baik cenderung memiliki kemampuan bersosial yang baik seperti kemampuan berkomunikasi di dalam masyarakat.
3. Kesadaran diri. Siswa yang baik akan memiliki kesadaran diri yang lebih baik pula, seperti kesadaran tentang kelebihan dan kekurangan dirinya, dengan memiliki kesadaran diri tersebut siswa dapat memperbaiki diri, intropeksi kekurangannya untuk lebih baik lagi.
Tantangan dan Solusi
1. Kurangnya sumber daya
Madrasah memiliki keinginan yang tinggi dalam mengembangkan karakter namun terbatas dari sumber daya.
2. Kurangnya kesadaran siswa bahwa salah satu factor penunjang kesuksesan adalah karakter yang baik.
Solusi dari tantangan tersebut.
1. Melakukan Kerjasama semua pihak, seperti pemerintah, organisasi Masyarakat untuk mendapatkan sumber daya yang cukup.
2. Meningkatkan kesadaran siswa dan orang tua bahwa karakter baik adalah peunjang utama meraih kesuksesan melalui penyuluhan, dan pertemuan rutin orang tua dan madrasah.
Pengawas madrasah memiliki peran penting dalam mendampingi madrasah dalam pengembangan karakter siswa.
Dengan demikian seorang pengawas dapat menjadi pendamping di madrasah untuk membantu mengembangkan karakter siswa untuk menjadi generasi yang baik, berkualitas dan mampu membawa hal hal positif di masyarakat.