MTs DDI Labukkang Sukses Gelar Asesmen Madrasah Berbasis ‘Exam Browser’

Kontributor

Parepare, (Kemenag Parepare) - MTs DDI Labukkang sukses menyelenggarakan Asesmen Madrasah (AM) tahun pelajaran 2024/2025, menggunakaan aplikasi ‘Exam Browser’ sebuah platform ujian digital. Selama enam hari pelaksanaan, asesmen berjalan lancar tanpa kendala berarti, mendapat apresiasi positif dari kepala madrasah, Sinar selaku penanggung jawab kegiatan.
"Alhamdulillah hari ini
Senin, 28 April 2025, hari terakhir pelaksanaan asesmen madrasah, semuanya
berjalan lancar, terima kasih kepada panitia, guru-guru dan staf atas kerja samanya
dalam penerapan teknologi dalam ujian ini,”ujarnya penuh rasa syukur.
Lebih lanjut ia menyampaikan
bahwa penggunaan ‘exam browser’ membawa banyak manfaat mulai dari pengawasan
yang efektif, memudahkan pemeriksaan hasil ujian hingga meminimalisir
kecurangan.
Sementara itu, Kharlina Mathar,
salah seorang guru IPA sekaligus selaku sekretaris panitia mengatakan, penggunaan
‘exam browser’ sangat membantu pengawasan, aplikasi ini membatasi akses ke
fitur lain di HP, sehingga siswa benar-benar fokus mengerjakan soal.
Lebih lanjut ia menyampaikan persiapan
yang dilakukan menjelang pelaksanaan ujian. “Sebelum pelaksanaan Asesmen
Madrasah, kami telah memandu siswa untuk mengunduh ‘Exam Browser’ di perangkat
Android mereka, bahkan kami adakan simulasi
dalam pengerjaan soal agar mereka lebih siap dan terbiasa dengan fitur aplikasi
seperti pengisian jawaban dan mekanisme pengumpulan soal," ungkapnya.
Sementara itu, komentar positif
dari Rizka Afidza menunjukkan bahwa pelaksanaan ujian menggunakan aplikasi ‘Exam
Browser’ telah berjalan dengan lancar dan efektif. "Proses ujian dapat
lebih mudah, cepat serta mengurangi gangguan teknis yang dapat menghambat ujian,”ungkapnya.
Penggunaan ‘Exam Browser’ dalam ujian madrasah dapat membantu meningkatkan keamanan, integritas, dan efisiensi ujian. Dengan menggunakan Exam Browser, siswa dapat fokus pada ujian dan pengawas ujian dapat memantau aktivitas siswa dengan lebih efektif.(Rs/Wn)