Pendampingan Supervisi Akademik MTs DDI Labukkang

Kontributor

Parepare, (Humas Parepare) - Dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran dan profesionalisme tenaga pendidik, Pendamping Satuan Pendidikan (PSP) Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kota Parepare melaksanakan pendampingan supervisi akademik bagi guru-guru MTs DDI Labukkang. Kegiatan ini berlangsung Mal Pelayanan Publik (MPP) pada Senin, 24 Februari 2025.
Sebelumnya, semua guru telah
disupervisi administrasi pembelajarannya oleh kepala madrasah. Beberapa dokumen
administrasi pembelajaran yakni; RPP,
Program Tahunan (Prota) Program Semester (Promes), Kriteria Ketuntasan Alur Tujuan
Pembelajarn (KKATP), Buku Nilai dan Penilaian Siswa serta dokumen penting lainnya.
Guru-guru yang telah disupervisi
diberikan umpan balik secara langsung kepada guru secara konstruktif serta
memberikan rekomendasi perbaikan.
Kepala Madrasah, Sinar
menyampaikan rasa syukur karena supervisi berjalan lancar sesuai harapan. "Alhamdulilah
secara umum administrasi pembelajaran guru-guru kami sudah tersusun secara
sistematis dan terstruktur, semoga kualitas pembelajaran di madrasah kami
semakin meningkat,”ujarnya.
Di akhir kegiatan, Sitti Mulyani
selaku PSP MTs dalam arahannya setelah mengadakan pendampingan supervisi
administrasi pembelajaran, memberikan saran dan masukan melalui diskusi
langsung dengan guru-guru mengenai kendala-kendala yang dihadapi guru dalam
proses belajar mengajar.
Sitti Mulyani juga mengapresiasi
perangkat pembelajaran yang telah diperiksa oleh kepala madrasah. "Alhamdulillah
setelah saya melaksanakan pendampingan supervisi, administrasi pembelajaran
yang disiapkan oleh para guru sudah sangat baik dan memenuhi standar, hal ini
menunjukkan keseriusan guru-guru dalam menjalankaan tugasnya sebagai pendidik,”ujarnya.
Nurmi, salah seorang guru
menyatakan bahwa dalam supervisi ini, dirinya merasa terbantu dalam
meningkatkan pengelolaan kelas dan pembelajaran, karena seorang guru harus
selalu belajar untuk meningkatkan kompetensinya.(RS/Wn)