Perkuat Layanan Di Madrasah, Kakanwil Kemenag Sulsel Resmikan PTSP MAN 1 Kota Makassar

Kontributor

Makassar,Humas Kemenag – Dalam upaya meningkatkan kualitas layanan pendidikan berbasis digital, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Makassar secara resmi meluncurkan Pusat Layanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) pada Kamis, 10 Juli 2025. Kegiatan peresmian berlangsung di kampus MAN 1 Kota Makassar, Jl. Talasalapang No.46, Gunung Sari, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar.
Hadir secara langsung untuk meresmikan PTSP tersebut, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, H. Ali Yafid, bersama Kepala Kantor Kemenag Kota Makassar, H. Irman. Peresmian ini menjadi tonggak penting dalam transformasi layanan madrasah menuju sistem digital yang lebih efektif dan efisien.
Dalam sambutannya melalui podcast “Madrasah Tanya Sapa”, H. Ali Yafid menekankan pentingnya menghadirkan layanan yang nyaman dan mudah diakses oleh masyarakat, khususnya orang tua dan siswa.
“Yang paling utama dari layanan ini adalah memberikan kenyamanan kepada masyarakat. Nanti PTSP ini mungkin bisa secara online, masyarakat tidak harus hadir semua ke layanan offline karena bisa-bisa tidak muat jika setiap orang tua ingin datang ke madrasah ini,” ujar Ali Yafid.
Ia juga mendorong agar layanan PTSP dikembangkan ke arah digital, termasuk melalui aplikasi yang memungkinkan akses informasi dan layanan tanpa harus hadir secara fisik di madrasah.
“Kalau memungkinkan ini bisa di-upgrade menjadi online, punya aplikasi, jadi lebih wah lagi. Karena seluruh program di sini bisa diinformasikan ke masyarakat, bukan hanya di lingkungan MAN 1 saja. Inilah tugas kita: untuk melangitkan semua program dan layanan yang kita punya,” lanjutnya.
Menurutnya, digitalisasi layanan bukanlah upaya menjauhkan masyarakat dari madrasah, melainkan cara untuk mempermudah akses tanpa menghilangkan esensi silaturahmi.
“Yang jelasnya, masyarakat tidak perlu berpakaian rapi dan datang ke sini. Tapi dengan hanya memakai sarung di rumah, semua akses layanan dan informasi bisa didapatkan melalui internet. Itu harapan kita. Karena digitalisasi itu mendekatkan semua layanan, tidak perlu face to face lagi. Bukan untuk memutus silaturahmi, tapi untuk memudahkan masyarakat,” tandasnya.
Kepala MAN 1 Kota Makassar, Nurhaeda dalam kesempatan yang sama, menyampaikan bahwa PTSP ini menjadi bagian dari komitmen madrasah dalam memberikan pelayanan prima yang terintegrasi, cepat, dan transparan kepada seluruh pemangku kepentingan.
Dengan peluncuran PTSP ini, MAN 1 Kota Makassar, menegaskan posisinya sebagai lembaga pendidikan yang adaptif terhadap perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat modern, sekaligus mendukung visi Kementerian Agama dalam mewujudkan layanan publik berbasis digital yang inklusif dan berkualitas. (Ndy)