Perpustakaan Sebagai Bagian Integral Dari Kegiatan Pembelajaran

Illustrasi Foto (Kemenag RI Provinsi Sulawesi Selatan)

Mannaungi, (Humas Alhuda) -- pemanfaatan Perpustakaan Sebagai sumber belajar merupakan salah satu teknik yang perlu dibudayakan.  Hal ini dikatakan oleh guru mata pelajaran PKN MTs alhuda mannaungi Harling, S.Pd.I saat proses pembelajaran berlangsung di ruangan perpustakaan pada Kamis(11/1/2018) dengan melibatkan siswa kelas VII B.

Dia juga mengatakan bahwa "sesungguhnya sumber belajar itu sangat banyak. Tergantung dari bagaimana guru mata pelajaran memberikan arahan kepada siswa-siswinya. Salah satunya dengan memanfaatkan perpustakaan itu sendiri sebagai sumber belajar yang dapat menghasilkan peningkatan produktivitas pembelajaran," terangnya

Beliau menambahkan, bahwa salah satu upaya dalam memelihara dan meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses belajar-mengajar adalah tentunya dengan didukung oleh kemampuan kita dalam memanfaatkan sumber belajar yang ada.

Sri wahyuni salah satu siswi dari kelas VII B mengatakan, "saya sangat senang dengan adanya beberapa sumber belajar yang tersedia dimadrasah kami, seperti lab. Komputer, lab. ipa dan perpustakaan. Sebab itu dapat memudahkan kami dalam melaksanakan pembelajaran yang lebih efektif. Apalagi dengan banyaknya reverensi yang tersedia didalam perpustakaan, ini sangat memudahkan kami menyelesaikan tugas yang dibebrikan oleh guru," terangnya

Menurut kepala madrasah Hj. murni, S.Ag.M.Pd bahwa perpustakaan itu salah satu sumber belajar pendukung guru dan siswa yang sangat di perlukan dalam penyelenggaraan pendidikan.

"Kita manfaatkan perpustakaan sebagai bagian integral dari kegiatan pembelajaran dan berfungsi sebagai pusat sumber belajar untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan di madrasah.” Jelasnya. (Ilh/arf)


Daerah LAINNYA