Guru Harus Jadi Penebar Manfaat, Pesan Kakankemenag Di Workshop MIN 2 Luwu
Kontributor
Belopa (Kemenag Luwu) — Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Luwu menggelar
Workshop Implementasi Pembelajaran Mendalam di Gedung MIN 2 Luwu, Selasa
(16/9/2025).
Kegiatan diawali laporan pelaksanaan oleh Kepala MIN 2 Luwu, Darnalia,
S.Pd. Ia menyampaikan bahwa peserta workshop merupakan para tenaga pendidik di
lingkungan MIN 2 Luwu. Darnalia berharap kegiatan ini menjadi wadah kolaborasi
guru untuk memperluas wawasan, khususnya terkait perencanaan pembelajaran yang
telah diimplementasikan.
“Harapan saya, Bapak/Ibu dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dalam
kegiatan ini pada proses pembelajaran di kelas nantinya,” ujarnya.
Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Luwu, Drs. H. Nurul
Haq, MH, yang hadir membuka kegiatan sekaligus memberikan sambutan. Ia
menegaskan bahwa program workshop ini merupakan agenda nasional yang
dilaksanakan di seluruh jenjang Madrasah Ibtidaiyah.
“Tujuan pemerintah menganggarkan program ini adalah untuk meningkatkan
kualitas pembelajaran, sebab setiap tahun tantangannya semakin besar. Menteri
Agama RI sangat menekankan agar guru meningkatkan kompetensinya, sehingga
kurikulum yang ada—termasuk Kurikulum Berbasis Cinta (KBC)—dapat
diimplementasikan secara mendalam dan bermakna,” jelasnya.
Ia juga mengingatkan pentingnya kreativitas dan inovasi guru dalam mengajar
agar siswa semakin termotivasi. “Jangan sampai pembelajaran monoton. Guru harus
mampu menghadirkan metode, taktik, dan pendekatan psikologis sesuai
perkembangan anak didik, agar mereka senang menerima pelajaran,” tambahnya.
Selain itu, Nurul Haq menekankan kehati-hatian dalam berbicara, baik di
ruang publik maupun media sosial. Menurutnya, banyak masalah muncul karena
ketidakbijakan dalam menyampaikan sesuatu.
“Jadilah pembicara yang menebar manfaat, bukan yang menimbulkan mudarat,”
pesannya.
Ia berharap hasil workshop ini dapat diterapkan dalam pembelajaran di
madrasah sehingga anak didik mampu menghadapi tantangan pendidikan di masa
depan. Isl/Um.