MAS SATAP Majelling Watang Terima Berita Acara: Wujud Nyata Madrasah Maju, Bermutu, Dan Mendunia

Kontributor

Majelling Watang, (Kemenag Sidrap) - Bertempat di lingkungan Madrasah Aliyah Swasta Satu Atap (MAS SATAP) Majelling Watang, panitia pelaksana Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun Ajaran 2025 secara resmi menerima Berita Acara Pelaksanaan ANBK, Selasa (05/08/2025).
Kegiatan ini disaksikan langsung oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Kasi Penmad) Kemenag Sidrap H. Umar Yahya bersama Kepala Madrasah (Kamad), sebagai bentuk evaluasi dan akuntabilitas pelaksanaan ANBK di tingkat madrasah.
Pelaksanaan ANBK merupakan bagian dari program nasional yang bertujuan memetakan mutu pendidikan secara menyeluruh dan berkelanjutan. Dalam pelaksanaannya, ANBK memuat tiga komponen utama, yaitu:
1. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM): mengukur kemampuan literasi membaca dan numerasi siswa.
2. Survei Karakter: mengidentifikasi nilai-nilai karakter siswa yang mendukung pembelajaran dan kehidupan sosial.
3. Survei Lingkungan Belajar: menggali kondisi dan kualitas proses pembelajaran di satuan pendidikan.
Tujuan utama dari asesmen ini adalah untuk:
• Memetakan mutu pendidikan di semua satuan pendidikan.
• Memberikan informasi akurat mengenai capaian pembelajaran dan karakter peserta didik.
• Menjadi dasar dalam perbaikan dan peningkatan kualitas pendidikan di madrasah.
• Mendukung pengembangan kurikulum dan strategi pembelajaran yang lebih efektif dan relevan.
Kasi Penmad Kemenag Sidrap mengapresiasi kerja keras panitia, guru, dan seluruh unsur pelaksana yang telah berkontribusi dalam menyukseskan pelaksanaan ANBK di MAS SATAP Majelling Watang.
“Penerimaan berita acara ini bukanlah akhir dari proses, tetapi awal dari langkah strategis untuk terus meningkatkan mutu pendidikan madrasah. Mari kita jadikan ANBK sebagai instrumen perubahan menuju madrasah yang lebih maju, bermutu, dan mendunia,” ujarnya penuh semangat.
Keberhasilan pelaksanaan ANBK Tahun 2025 ini menjadi momentum penting dalam meneguhkan komitmen madrasah sebagai lembaga pendidikan yang adaptif, responsif, dan berorientasi pada mutu serta keberlanjutan.(AH)