Penutupan Pelatihan Teknis Manajemen Perpustakaan: Mendorong Langkah Nyata Peningkatan Layanan Literasi Melalui Perpustakaan Sekolah
Kontributor
Pangkep - (BDK Makassar)- Sabtu (08-11/25) momentum penting bagi 34 guru Pendidikan Agama Islam se Kabupaten Pangkajene Kepulauan mengakhiri seluruh proses pelatihan teknis manajemen perpustakaan yang mereka ikuti.
Pelatihan ini diselenggarakan melalui skema kerjasama antara Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Makassar dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (MGMP PAI) Kabupaten Pangkep dari tanggal 3 hingga 8 November 2025 di Pangkajene.
Kegiatan ini resmi ditutup oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Pangkep, H. Ramli Rasyid, di Aula Kemenag Pangkep.
Dalam sambutannya, H. Ramli Rasyid menekankan pentingnya kompetensi pengelolaan perpustakaan sebagai bagian dari tugas guru dalam membentuk budaya literasi di lingkungan sekolah.
“Perpustakaan bukan hanya tempat menyimpan buku, tapi pusat pembelajaran yang harus dikelola secara profesional dan sesuai kaidah,” ujarnya.
“Tujuan utama dari pelatihan ini, diharapkan bukan hanya untuk memenuhi kewajiban untuk mendapatkan sertifikat, tapi ilmu yang didapatkan harus diterapkan di sekolah masing-masing,” tambahnya.
Pelatihan ini tidak hanya meningkatkan kapasitas guru, tetapi juga berdampak langsung pada kualitas layanan perpustakaan sekolah yang menjadi sumber informasi dan pembelajaran bagi siswa. Kurikulum pelatihan ini didesain untuk membangun dan mengembangkan kompetensi para peserta agar mampu:
• Mengelola kelembagaan perpustakaan secara sistematis
• Mengolah dan mengembangkan koleksi bahan pustaka
• Memanfaatkan teknologi dalam pengelolaan informasi
• Memberikan layanan perpustakaan yang prima
• Melestarikan bahan pustaka secara berkelanjutan
• Melakukan promosi dan membudayakan gemar membaca
Bagi BDK Makassar, output dan outcome pelatihan ini diharapkan menjadi bagian dari upaya strategis pemerintah dalam memperkuat ekosistem pendidikan berbasis literasi, meningkatkan semangat gemar membaca serta pengelolaan perpustakaan yang profesional akan tumbuh di setiap sekolah, membawa manfaat jangka panjang bagi generasi penerus bangsa. (arbain)