Praktik Perpindahan Panas Secara Radiasi Tingkatkan Pemahaman Peserta Didik MIN 6 Bone

Kontributor

Watangpone (Humas Bone) -- Kegiatan praktik perpindahan panas secara radiasi dilaksanakan di Kelas V.B oleh Harfiah, seorang guru bidang studi IPA, bersama peserta didik kelas V.B Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap konsep dasar perpindahan panas melalui radiasi, Rabu (31/1/2024).
Dalam kegiatan ini, Harfiah memandu peserta didik dalam memahami bagaimana energi panas dapat dipindahkan melalui pancaran. Melibatkan peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 6 Bone kelas V.B sebagai tempat pelaksanaan, praktik ini dirancang untuk memberikan pengalaman langsung kepada peserta didik, memperkaya pemahaman mereka mengenai fenomena perpindahan panas.
Upaya yang dilakukan dalam pelaksanaan praktik ini adalah mendorong peserta didik untuk secara aktif terlibat dalam eksplorasi konsep dasar perpindahan panas melalui radiasi. Dengan demikian, diharapkan mereka dapat menginternalisasi pengetahuan dan mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam.
Selain itu, kegiatan praktik ini memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk berinteraksi langsung dengan konsep perpindahan panas melalui percobaan sederhana dan demonstrasi. Dengan merangsang rasa ingin tahu mereka, diharapkan peserta didik tidak hanya memahami teori, tetapi juga dapat mengaitkannya dengan situasi sehari-hari. Melalui dialog dan diskusi interaktif antara guru dan peserta didik, diharapkan tercipta lingkungan belajar yang dinamis dan mendukung perkembangan pemikiran ilmiah. Kesuksesan kegiatan ini diukur bukan hanya dari hasil percobaan, tetapi juga dari tingkat keterlibatan dan pemahaman peserta didik terhadap materi perpindahan panas secara radiasi.
Dengan melibatkan guru bidang studi IPA dalam kegiatan ini, diharapkan peserta didik mendapatkan panduan yang tepat dan bimbingan yang diperlukan untuk memahami konsep perpindahan panas secara radiasi. Semoga kegiatan ini tidak hanya meningkatkan pemahaman peserta didik tetapi juga membangkitkan minat mereka dalam memahami lebih lanjut fenomena ilmiah yang menarik. (Widia/Ahdi)