Tingkatkan Kualitas Layanan, Kepala KUA Bacukiki Barat Perkenalkan Sistem Digitalisasi
Kontributor
Parepare, (Kemenag Parepare) – Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Bacukiki Barat, H. Syahruddin Sainur, memperkenalkan transformasi digital untuk memudahkan pelayanan umat. Transformasi ini menjadi upaya KUA Bacukiki Barat menyambut era pelayanan keagamaan modern.
“Alhamdulillah, di kantor KUA Kecamatan Bacukiki Barat kini
sudah tersedia display digital sebagai sarana pelayanan. Ini bertujuan mengubah
KUA menjadi pusat pelayanan keagamaan yang modern,” ungkap H. Syahruddin
Sainur, yang sebelumnya menjabat di KUA Kecamatan Soreang.
H. Syahruddin menjelaskan, digitalisasi ini meliputi sistem
informasi, administrasi, dan pelayanan, seperti bimbingan BRUS, pelayanan
keluarga sakinah, dan pendaftaran pernikahan. “Digitalisasi akan meningkatkan
kualitas pelayanan, efisiensi, dan transparansi di KUA," ungkapnya saat
ditemui langsung di KUA Bacukiki Barat, Kamis (11/9/2025).
Ia juga menyampaikan, alat digital ini memudahkan penyuluh
dan penghulu dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, terutama dalam
sosialisasi prosedur pendaftaran pernikahan.
Ke depan, H. Syahruddin berkomitmen mengembangkan
digitalisasi dengan mengintegrasikan data masjid, majelis taklim, dan lembaga
keagamaan lainnya agar lebih terorganisir dan mudah diakses.
Penggunaan teknologi ini merupakan langkah inovatif KUA
Bacukiki Barat dalam menjawab tuntutan era digital dan kebutuhan masyarakat
yang semakin dinamis.
Pelayanan digital diharapkan dapat mempercepat administrasi,
mempermudah akses masyarakat, serta mendukung program Kementerian Agama dalam
meningkatkan kualitas layanan publik.
Dengan dukungan penuh dari Kepala Kantor Kemenag dan pejabat
terkait, transformasi ini menjadi langkah strategis memajukan KUA dan
memberikan pelayanan prima bagi masyarakat Bacukiki Barat.(Achy/Wn)