Guru Mulok Bahasa Inggris MIN 1 Bulukumba, Maksimalkan Pembelajaran Edukatif

Foto Kontributor
Adm Sulawesi Selatan

Kontributor

Sabtu, 21 Januari 2023
...

Bacari, (Humas Bulukumba) – Pembelajaran Bahasa Inggris adalah mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris secara kontekstual dan berterima sesuai dengan konteks serta kondisi dan situasi keseharian peserta didik. Hal ini untuk menghasilkan bentuk pembelajaran bahasa Inggris yang lebih menyentuh kebutuhan berbahasa peserta didik.

Pelajaran Bahasa Inggris itu salah satu pelajaran yang ditakuti oleh peserta didik, karena mereka beralasan bahwa bahasa Inggris adalah bahasa asing sehingga susah untuk dipelajari dan dipraktikkan. Kondisi semacam ini merupakan suatu tantangan bagi guru bahasa Inggris untuk memotivasi peserta didik supaya mereka tertarik untuk belajar Bahasa Inggris dan akhirnya mereka merasa bahwa belajar Bahasa Inggris itu mudah dan menyenangkan sehingga akhirnya berdampak kepada peningkatan prestasi mereka.

Mengajar pelajaran Bahasa Inggris bukanlah sekedar menyampaikan materi saja, tetapi guru juga harus memperhatikan psikologis peserta didik. Bukankah kita sebagai seorang guru menginginkan Peserta didiknya merasa nyaman, merasa senang terhadap materi yang di sampaikan dengan cara atau metode yang tepat.

Proses pembelajaran Bahasa Inggris di kelas akan terasa monoton dan membosankan jika guru yang mengajar minim kreatifitas, dan kurang menguasai metode pengajaran Bahasa Inggris. Hal ini yang mendasari sehingga guru Mapel Bahasa Inggris MIN 1 Bulukumba, Radiah merancang pelaksnaan PBM sebaik mungkin dan menggunakan media LCD Proyektor.

Dalam keterangannya saat dikonfirmasi usai pembelajaran berakhir, Radiah menjelaskan bahwa Ada beberapa metode atau cara yang dapat kita gunakan dalam pembelajaran Bahasa Inggris supaya peserta didik tertarik dan termotivasi dalam mempelajarinya. Termasuk pembelajaran edukatif yang asyik dan menyenangkan peserta didik. Katanya pada Kamis (19/01/2023).

“Cara yang pertama adalah pembelajaran Bahasa Inggris melalui lagu. Mendengarkan lagu berbahasa Inggris mempunyai manfaat yang positif bagi peserta didik yaitu untuk memantapkan pelafalan kata dan menambah wawasan kosakata Bahasa Inggris. manfaat lainnya adalah peserta didik mendapatkan kondisi belajar yang menyenangkan sehingga menimbulkan motivasi untuk belajar”. Urainya

Ketika peserta didik “bisa memahami” lirik lagu yang disajikan, merekapun akan senang dan pasti akan ikut menyanyikannya. Dan suara vokal harus jelas. Karena suara vocal yang jelas bisa melatih pendengaran/Listening dari peserta didik. Untuk itu saya menyajikan materi ajar melalui video youtube, agar peserta didik selain mendengarkan juga dapat melihat langsung.

“Cara yang kedua adalah dengan Film. Dengan menonton sebuah film dalam bahasa Inggris siswa bisa banyak belajar tentang budaya, ekspresi, kosa-kata,dll. Sama seperti lagu, ada beberapa hal yang perlu disiapkan dalam memutar film untuk siswa”. Jelasnya

Pilihlah film yang sesuai dengan tema pembelajaran dan tingkatan umur siswa. Ccari film yang ada subtitle baik bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia. Setelah itu siswa diminta untuk meringkas isi cerita dalam film atau membuat synopsis film.

“Cara yang ketiga adalah dengan bermain Games. Games atau permainan tidak melulu identik sama dengan kegiatan anak kecil. Proses belajar sambil bermain ini cocok dan bisa dipraktikkan untuk semua jenjang usia, mulai dari SD,SMP dan SMA sebab metode belajar sambil bermain seperti ini memberikan suasana pembelajaran Bahasa Inggris yang lebih interaktif”. Paparnya

Karena games atau permainan adalah motivator yang penuh daya, mendorong anak menjadi kreatif dan mengembangkan gagasan, pemahaman dalam bahasa mereka. Dengan menggunakan metode games, siswa menjadi lebih nyaman, aktif terlibat dalam pembelajaran serta motivasi belajar bahasa Inggris mereka menjadi meningkat. (Ady)

Terpopuler

Terbaru

Menu Aksesibilitas
Ukuran Font
Default