Daerah

Kemenag Pinrang Jajaki Replikasi Inovasi Pelayanan Statistik Terpadu Di BPS

Foto Kontributor
WAHYUDDIN

Kontributor

Selasa, 03 Juni 2025
...

Paleteang, (Kemenag Pinrang) - Dalam upaya meningkatkan kualitas layanan publik, Humas Kementerian Agama Kabupaten Pinrang melakukan kunjungan ke Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pinrang, Senin (02/06/2025). Kunjungan ini dilakukan dalam rangka penjajakan replikasi inovasi Pelayanan Statistik Terpadu yang selama ini telah dikembangkan oleh BPS.

Kepala BPS Pinrang, Joko Siswanto, menyambut langsung kedatangan tim Humas Kemenag Pinrang. Dalam paparannya, Joko Siswanto menjelaskan bahwa Pelayanan Statistik Terpadu merupakan langkah inovatif yang bertujuan untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat, memperpendek proses pelayanan, serta memberikan akses data yang lebih luas dan mudah dijangkau oleh publik.

"Pelayanan ini kami rancang untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang semakin dinamis terhadap data. Harapannya, setiap pihak, termasuk instansi lain, bisa mereplikasi dan mengadaptasi layanan ini sesuai dengan kebutuhan masing-masing," jelas Joko.

Senada dengan hal tersebut, Bagian Humas BPS, Andi Hary Mulyadi, mengungkapkan harapannya agar kunjungan ini menjadi langkah awal menuju sinergi antarlembaga. Ia menekankan pentingnya kolaborasi dalam pengembangan integrasi layanan digital.

"Semoga ke depan Kemenag Pinrang dan BPS bisa bersinergi dalam hal layanan digital, sehingga masyarakat semakin mudah dalam mengakses data yang dibutuhkan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Pinrang, H. Irfan Daming, menyampaikan apresiasinya terhadap inovasi pelayanan yang dikembangkan oleh BPS. Ia menyambut baik rencana replikasi inovasi tersebut untuk diterapkan di lingkungan Kemenag, khususnya pada Pusat Layanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

"Kami sangat mengapresiasi langkah BPS Pinrang dalam memberikan pelayanan yang modern dan terintegrasi. Inovasi ini sangat relevan untuk diterapkan di PTSP Kemenag Pinrang demi pelayanan yang lebih efektif dan efisien kepada masyarakat," pungkas Irfan.

Kunjungan ini diharapkan menjadi awal yang baik bagi peningkatan mutu pelayanan publik melalui pertukaran gagasan dan inovasi antarlembaga, guna mewujudkan birokrasi yang adaptif dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat

Editor: Andi Baly

Terpopuler

Terbaru

Menu Aksesibilitas
Ukuran Font
Default