28 Maret 2019
Ketika Suara Anak MAN 1 Soppeng Menggema Dalam Musrembang RPJMD

Ketika Suara Anak MAN 1 Soppeng Menggema Dalam Musrembang RPJMD

Soppeng (Inmas Soppeng) - Pemerintah Kabupaten Soppeng kembali menggelar Musrembang RPJMD di Ruang Gabungan Dinas Jalan Salotungo, Selasa, (26/3/19). Ada hal menarik dari kegiatan kali ini, yaitu ketika suara anak menjadi bahan pertimbangan dalam Musrembang RPJMD.

Diketahui Musrenbang RPJMD sebagai salah satu kegiatan untuk memberikan dukungan kepada Pemerintah melalui ide dan usulan demi menciptakan Kabupaten Soppeng yang lebih baik lagi.

“Anak-anak harus difasilitasi dalam wadah forum anak mulai di tingkat Desa, Kecamatan sampai ke tingkat Kabupaten, karena forum anak penting untuk peningkatan potensi dan keterampilan hidup anak”.

Itulah yang Nurul Wahby sampaikan saat diberi kesempatan berbicara dalam forum Musrembang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Soppeng tahun 2018-2019.

Wahby nama panggilan siswi MAN 1 Soppeng ini menjadi perwakilan anak-anak se-Kabupaten Soppeng untuk hadir dan berpartisipasi, serta mengusulkan rekomendasi untuk dijadikan usulan program dalam RPJMD tahun 2018-2023.

Beberapa isu yang sempat diangkat oleh Wahby bersama teman-temannya yang tergabung dalam Forum Anak Soppeng adalah pengembangan Kabupaten Layak Anak, pemenuhan hak anak sesuai kluster, pengembangan sekolah ramah anak dan penguatan pendidikan karakter di sekolah-sekolah, pemenuhan akta lahir anak, forum anak Desa atau Kecamatan dan penghapusan kekerasan terhadap anak.

“Saya dan teman-teman merasa bangga dan beruntung sekali diberi mandat dan kepercayaan melalui forum anak Kabupaten untuk berbicara di hadapan para pejabat Pemerintah Daerah” ujar Wahby disela-sela kegiatan tersebut.

Kegiatan yang berlangsung selama satu hari itu mampu membuat anak-anak antusias. Terbukti dari aktifnya anak-anak dalam bertanya dan memberi usulan dalam setiap diskusi yang ada. Selain itu, ini adalah pengalaman pertama mereka dilibatkan dalam forum kabupaten.

“Saya merasa sangat senang karena bisa berpartisipasi dalam kegiatan ini. Semoga suara kami didengar dan menjadi pertimbangan untuk program pemerintah di Kabupaten Soppeng ini dan terkhusus bisa juga menyentuh sampai ke Madrasah,” ujar Ismadi, remaja lainnya yang turut terlibat di Musrenbang RPJMD.

Sekedar Informasi bahwa pada kegiatan RPJMD ini ada 2 perwakilan dari MAN 1 Soppeng, yakni Nurul Wahby sebagai Duta Anak Kabupaten Soppeng Tahun 2019 sekaligus Juara 1 Kategory Personality dan Ismadi Juara 1 masing-masing pada ajang Festival Ana'dara Kallolo Soppeng Tahun 2019, baru-baru ini.

Di tempat terpisah, Kepala MAN 1 Soppeng, Musmuliadi ketika diwawancarai mengungkapkan keharuannya akan prestasi siswa-siswinya.

"Kami sangat berterimakasih kepada pemerintah karena telah banyak melibatkan madrasah khususnya MAN 1 Soppeng dalam berbagai kegiatan yang berskala kabupaten bahkan sampai tingkat nasional, termasuk prestasi MAN 1 Soppeng yaitu Sekolah Ramah Anak Terbaik Nasional tahun 2018 yang leading sektornya adalah Dinas Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak, dan ini sangat berimbas kepada kemajuan MAN 1 Soppeng, dan sudah mulai membuka pemahaman masyarakat seperti apa sesungguhnya Madrasah itu". Tutur Musmuliadi.

Selama ini, banyak yang memahami bahwa di madrasah itu hanya mengaji, belajar qasidah, menghafal, tapi sekarang mereka (masyarakat, red) sudah mengerti bahwa ternyata MAN 1 Soppeng sama dengan SMA Negeri lainnya.

"Yang berbeda adalah pendalaman agama Islam di Madrasah lebih baik dan lebih mendalam karena waktunya juga lebih banyak, apalagi MAN 1 Soppeng sudah menerapkan sistem boarding school yang membina anak-anak satu kali 24 jam" lanjut Musmuliadi.

Semoga ke depan MAN 1 Soppeng sebagai salah satu lembaga pendidikan yang menerapkan Boarding School dapat mewujudkan dan melahirkan generasi emas yang sehat kalbunya, cerdas otaknya dan sehat raganya. (Mus/afr/wrd)

Dibaca : 538 kali

0 Komentar