11 Januari 2019
Plt. Kasi Penmad Kemenag Kota Parepare Buka Rapat Pemantapan Penginputan ARD

Plt. Kasi Penmad Kemenag Kota Parepare Buka Rapat Pemantapan Penginputan ARD

Parepare, (Inmas Parepare) – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah (Penmad) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Parepare, Dr. Muhammad Idris Usman, S. Ag., MA membuka Rapat Pemantapan Penginputan Aplikasi Rapor Digital (ARD) yang diselenggarakan oleh Seksi Pendidikan Madrasah (Penmad) dan dihadiri oleh seluruh Operator Madrasah, di Aula Kantor Kemenag Parepare, Selasa (8/1/2019).

Dalam arahannya, Muhammad Idris Usman yang saat ini juga menjabat sebagai Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam (PAI) ini lebih banyak memotivasi para Operator Madrasah yang hampir keseluruhan adalah tenaga honorer. “ Operator Madrasah adalah pekerjaan yang membutuhkan pengorbanan, keikhlasan dan kerja keras. Jangan pernah ada rasa putus asa dalam menjalankan tugas sebagai Operator. Keikhlasan kita dalam bekerja akan diberi balasan yang setimpal oleh Allah SWT”, tegasnya.

Aplikasi Rapor Digital (ARD) merupakan aplikasi baru bagi madrasah, yang penerapannya diberlakukan mulai semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019.

Hal tersebut berdasarkan Surat Edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Nomor 159/DJ.I/DT.II.I/KS.00/10/2018 tentang Penggunaan Aplikasi Rapor Digital (ARD) Madrasah. Dalam surat tertanggal 29 Oktober 2018 ini menyebutkan bahwa ARD Madrasah akan diberlakukan bagi madrasah negeri dan swasta di seluruh Indonesia, mulai semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019.

Bertindak sebagai Narasumber, Ibrahim, S. Pd.I., M. Pd dan Said Jusman, S. Pd.I secara bergantian memberikan arahan kepada para Operator terkait penginputan nilai hasil semester ke dalam ARD.

Berdasarkan hasil keputusan rapat, maka penginputan nilai siswa oleh guru madrasah didampingi oleh masing-masing Operator dan Tutor (Ibrahim, S. Pd.I., M. Pd dan Said Jusman, S. Pd.I), akan dilaksanakan di Laboratorium Komputer Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare pada tanggal 12, 15, dan 16 Januari 2019.

Adapun jadwal yang telah disepakati adalah pada tanggal 12 januari 2019, sesi pertama akan diisi oleh MTs Negeri, MTs DDI Labukkang, dan MTs Al Munawwarah. Pada sesi kedua diisi oleh MTs DDI Jabal Nur, MTs DDI Al Furqan, MTs Hafidziyah, dan MTs DDI Taqwa. Pada sesi ketiga diisi oleh MTs Al Mustaqim.

Pada tanggal 15 Januari 2019, akan diisi oleh MI Hafidziyah, MI DDI Lappa Angin, MI Al Munawwarah, MI DDI Ujung Lare, MI Al Mustaqim, dan MI DDI Taqwa.

Pada tanggal 16 Januari 2019, pada sesi pertama akan diisi oleh MI DDI Jabal Nur, MA Al Mustaqim, MA Hafidziyah, dan MA Al Munawwarah. Pada sesi kedua diisi oleh MA Al Furqan, dan MA DDI Taqwa. (nb/arf)   

 

Dibaca : 81 kali

0 Komentar