Guru Fasilitator MAN 1 Bone Kembali Laksanakan Pekan Proyek

Kontributor

Watampone, (Humas Bone) - Memasuki semester genap TA. 2023/2024, Wakil Kepala Madrasah bagian Kurikulum (Wakamad Kurikulum) MAN 1 Bone, Tahar kembali memimpin para fasilitator proyek dalam menyusun kegiatan Pekan Proyek di Taman Baca MAN 1 Bone, Senin (05/02/24).
Kegiatan kali ini, yang diberi nama Pekan Proyek Pengembangan dan Peningkatan Proses Pembelajaran (P5P2RA), mengusung tema "Suara Demokrasi" dengan judul "Pemilihan Kepala Desa." Tahar bersama para fasilitator proyek menggerakkan siswa-siswa Kelas X dan XI terlebih dahulu membentuk aparat desa mulai dari BPD, kepala desa, kepala dusun dan perangkat desa lainnya. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pengalaman langsung kepada siswa mengenai proses demokrasi dalam pemilihan kepala desa.
Sebelum melaksanakan simulasi pemilihan kepala desa, Fasilitator Proyek melakukan kegiatan "Sosialisasi Pemilihan Kepala Desa" di Lapangan MAN 1 Bone, Selasa (06/02/24). Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh siswa yang terlibat serta para guru fasilitator. Dengan pemateri yaitu Andi Shaifuddin, seorang guru MAN 1 Bone yang juga merupakan pakar politik.
"Sosialisasi Pemilihan Kepala Desa ini adalah langkah penting untuk memberikan pemahaman mendalam kepada siswa tentang pentingnya partisipasi dalam proses demokrasi, terutama dalam pemilihan kepala desa," ungkap Andi Shaifuddin. Beliau memberikan wawasan tentang sistem demokrasi, hak dan kewajiban pemilih, serta pentingnya pemilihan kepala desa sebagai bentuk pelaksanaan demokrasi di tingkat desa.
Tahar menyampaikan bahwa kegiatan ini bukan hanya sekadar simulasi pemilihan kepala desa, tetapi juga sebagai upaya pengembangan karakter dan pemahaman siswa tentang tata nilai demokrasi. "Melalui kegiatan ini, kita ingin melatih mereka untuk menjadi warga negara yang aktif, paham betul akan hak dan kewajiban dalam berdemokrasi," kata Tahar.
Pekan Proyek "Suara Demokrasi" di MAN 1 Bone menjadi contoh nyata bagaimana pendidikan tidak hanya berfokus pada aspek akademis, tetapi juga berupaya membentuk karakter dan keterampilan sosial siswa untuk menjelajahi dan berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat. (Rini/Syukur/Ahdi)