Plh. Kasi PHU Kemenag Parepare ‘Jemput’ Komputer Siskohat Di Kanwil

Kontributor

Makassar, (Kemenag Parepare) - Kantor Kementerian Agama Kota Parepare melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah ‘menjemput’ komputer Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) di Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan pada Rabu 18 Juni 2025.
‘Penjemputan’ ini dilakukan sebagai langkah cepat untuk
mengatasi kendala pelayanan operasional haji di Kota Parepare akibat kerusakan
berat pada perangkat komputer Siskohat yang selama ini digunakan.
Plh. Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Kota
Parepare, Rifdaningsi yang menjemput langsung komputer tersebut menjelaskan bahwa
PHU Kemenag Parepare tidak ingin pelayanan haji terhalangi karena kerusakan komputer
Siskohat sehingga ia meminta bantuan ke pihak Kanwil.
“Kerusakan pada komputer utama Siskohat telah mengganggu
kelancaran proses layanan administrasi pendaftaran haji. Untuk menjaga agar
pelayanan tetap berjalan, atas petunjuk Bapak Kepala Kantor, kami berkoordinasi
dengan bidang PHU di Kanwil dan diberikan izin untuk menggunakan perangkat komputer
dari Bidang PHU tersebut,”ungkapnya.
Lebih lanjut Rifdaningsi mengatakan, dengan dukungan dan
respon cepat dari Bidang PHU Kanwil Kemenag Prov. Sulsel dan atas ijin dari Kepala
Kantor, sehingga seksi PHU segera bergerak menuju Makassar untuk menjemput
perangkat pengganti tersebut.
“Alhamdulillah, berkat sinergi dan komunikasi yang baik
dengan pihak Kanwil, hari ini kami berhasil membawa komputer pengganti agar
pelayanan operasional haji di Kota Parepare dapat berjalan normal kembali,”ungkap
Rifdaningsi yang saat ini juga menjabat sebagai Penyelenggara Zakat dan Wakaf
(Penzawa).
Kakan Kemenag H. Fitriadi menyampaikan terima kasih dan
apresiasi kepada Kanwil Kemenag Prov. Sulsel, khususnya Bidang PHU atas respon
cepatnya terhadap kendala yang dihadapi PHU Kemenag Parepare.
“Bantuan ini sangat berarti dalam memastikan pelayanan kepada
jemaah agar tetap optimal. Kami senantiasa berkomitmen untuk terus memberikan
pelayanan terbaik kepada jemaah haji meskipun menghadapi kendala teknis. Upaya
ini menunjukkan keseriusan dalam menjaga kualitas dan keberlanjutan layanan
haji bagi masyarakat,”tandasnya.(Rifda/Wn)